English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Kamis, 15 November 2012

Ikan Sebelah (Pleuronectidae)

Hai teman-temannnn...!!!!!! :D
Senang bertemu lagi dengan kalian, nah.. Hari ini saya akan memberi sedikit informasi tentang Ikan Sebelah. Apa kalian sudah tahu.??
Ya, sekarang bagi kalian yang belum tahu apa itu Ikan sebelah ini dia selengkapnya..



~ IKAN SEBELAH ~


Ikan Halibut.

Ikan sebelah (pleuronectidae) adalah ikan yang memiliki bentuk pipih. Ikan jenis ini hidup di dasar air, baik air tawar ataupun air asin. Ikan sebelah banyak menghabiskan banyak waktu di dasar laut sambil menunggu mangsanya, begitu mangsanya lewat ia akan segera menangkap dan menelannya.


Hebatnya, ikan ini bisa menyamakan warna tubuhnya dengan keadaan di sekitarnya. Dengan begitu penyamarannya menjadi lebih sempurna. Ikan yang termasuk ke dalam jenis ikan sebelah ini adalah ikan jenis Flounder, Limanda, dan Halibut.

Ikan Flounder

Ikan Limanda

Ikan Halibut

Metamorfosis ikan ini sangatlah aneh, larva ikan sebelah mulanya berbentuk simetris seperti pada ikan - ikan lain umumnya. Namun, ia mengalami metamorfosa yang aneh, lama kelamaan ikan ini menjadi bentuk pipih. Salah satu matanya bergerak ke arah salah satu sisi tubuhnya, setelah itu warna bagian tubuh yang berada di bawah berubah menjadi putih.


Metamorfosis Ikan Sebelah.

Nah, seperti  yang saya katakan tadi jenis ikan Halibut termasuk jenis ikan sebelah. Halibut ini memiliki panjang yang mencapai 2,7 meter dengan berat 270 kilogram. Tubuhnya yang agak memanjang, rahangnya simetris, dan sisiknya yang licin merupakan ciri-ciri ikan Halibut ini. Halibut hidup dengan memangsa hewan - hewan  laut seperti cumi - cumi, udang, dan kepiting. Jika dibandingkan dengan ikan sebelah jenis lain, ikan Halibut ini tergolong ikan yang memiliki ukuran "raksasa".


Ikan Halibut Yang Tertangkap Oleh Nelayan.




Nah, itu dia teman-teman apa itu ikan sebelah...
Sekarang kalian sudah tahu kan.?? :D
Ya, pesan dari saya semoga bermanfaat bagi kalian semua... ^_^"
Sayonara...... :3

1 komentar: